VISI

"Menjadi pelaksana tridharma yang mampu menghasilkan sumberdaya manusia profesional berjiwa wirausaha dengan tetap mengedepankan prinsip pengelolaan hutan lestari di Wilayah Semi Ringkai".

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut Jurusan Kehutanan menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia profesional berjiwa wirausaha yang menguasai teori dan praktek di bidang pengelolaan sumberdaya hutan, serta tanggap dan mampu mengantisipasi dan menjawab berbagai permasalahan pembangunan kehutanan (kesejahteraan masyarakat, kebutuhan industri, pemerintah).
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi tepat guna dalam sistem pengelolaan sumberdaya hutan sesuai kebutuhan masyarakat, baik dalam aras lokal, regional, nasional maupun aras global dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan tridharma yang kondusif melalui budaya bekerjasama dalam kelompok dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.